Kamis, 08 Februari 2018

MAPALA (Mahasiswa Paling Lama) Benarkah Kami Begitu?

MAPALA LULUSNYA TELAT  - TELAT ?
Apakah kami mahasiswa yang menikmati kampus? Kuliah 7 tahun tak tamat-tamat.


Pandangan tak mengenakkan yang membuat semua orang takut jika harus menjadi bagian dari mapala. Satu hal yang sering orang lakukan: generalisasi.

Tidak semua anggota mapala seperti itu. masalah tersebut muncul di pribadi masing-masing, tergantung orientasi hidupmu sendiri. Ada yang berpikir, organisasi adalah segalanya. Berkegiatan merupakan sesuatu yang penting daripada kuliah itu sendiri. Bagi mereka, kuliah itu tak pernah menjamin masa depan. Tapi, berkegiatan memberikan tentang simulasi dunia kerja.

Ini hanya lah sebuah kontroversi, tergantung pemikiran masing-masing. Tak ada kebenaran ciptaan manusia yang absolut, akan menimbulkan distorsi pada kasus-kasus tertentu.

Tetapi satu hal, kebanyakan masalah lama tamat muncul karena masalah pribadi masing-masing, bukan masalah organisasi. Terkadang muncul karena kemalasan mengerjakan tugas akhir, karena tak semua orang menyenangi kegiatan menulis. Terkadang disebabkan masalah lain yang tak bisa dijelaskan.

Kuliah atau berkegiatan? Nilai atau skill? Ini merupakan sebuah kontroversi, benar atau salahnya tergantung pribadi masing-masing.

Satu hal, bisa kuliah dan berkegiatan dengan baik, itu bagus; punya nilai bagus dan skill yang mumpuni, itu baik. Tetapi,  kalau kamu tak mampu mencapainya, cukup salah satu saja.

Kuliah sering menunjukkan ketidakadilan. Usaha terkadang tak sebanding dengan nilai yang didapatkan. Tetapi kegiatan, selalu menjamin untuk meningkatkan skill mu. Itu lebih adil. Jalan tengahnya, kerjakan kuliah semampunya dan tetap berkegiatan untuk meningkatkan kemampuan. Cepat atau lambatnya tamat tergantung bagaimana mengatur waktu. Tergantung bagaimana memberatkan pilihan untuk kuliah dan berkegiatan.

Satu hal yang perlu ditekankan, masalah cepat lambatnya tamat, bukan masalah organisasi, tetapi lebih ke masalah pribadi dan persepsi masing-masing orang.



Sumber : KCA-LH RAFFLESIA FMIPA UNAND


0 komentar:

Posting Komentar