Senin, 20 April 2015

Serunya Wisata Cave Tubing di Kalisuci, Yogyakarta

Writed by Ajeng Nurtri Hidayati/Ilmu Komunikasi UMS/NIA 14.32.003 MPA

Personil MALIMPA yang mengikuti Cave Tubing saat itu
Kalisuci merupakan tempat wisata menyusuri air sungai bawah tanah yang menembus goa Karst.  Saat ini sedang populer dan menjadi incaran para wisatawan lokal maupun asing. Wisata ini bertempatan di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul yang memakan waktu 1,5 jam hingga 2 jam dari Kota Yogyakarta.
Untuk menuju tempat ini dianjurkan pengunjung membawa kendaraan pribadi karena kondisi jalan yang belum rata, cukup jauh dan agak menanjak. Di tengah perjalanan pula ditemui jalan yang masih bebatuan sehingga kendaraan hanya bisa berjalan secara perlahan – lahan.
Kali itu saya bersama beberapa teman – teman MALIMPA berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata asik ini. Kami membawa kendaraan pribadi dari Solo. Sesampai di Basecamp Kalisuci kami langsung prepare untuk melakukan Cave Tubing. Pada tahu gak sih apa itu Cave Tubing? Definisinya  ialah olahraga petualangan mengikuti aliran air menggunakan ban dalam sambil menikmati indahnya goa di sungai bawah tanah yang hanya diterangi menggunakan headlamp. Kebetulan kami sudah membawa peralatan untuk Cave Tubing dari Solo sehingga kami hanya menyewa ban dalam saja. Lalu kalo kita tidak punya peralatan yang lengkap gimana? Tidak perlu khawatir diisini juga menyediakan penyewaan semua peralatan secara lengkap bahkan sama guide ahli nya.
Airnya yang biru itu membuat kami tidak sabar untuk nyebur!
Setelah siap untuk berpetualang kami diajak untuk naik mobil pick up dulu untuk menuju ke start. Perjalanan hanya memakan 5 - 6 menit saja dari basecamp kalisuci. Kemudian kami berjalan beberapa menit sambil membawa ban dalam masing – masing lalu tak lama kemudian terdengar suara aliran air deras yang semakin dekat tandanya petualangan semakin di depan mata, woho!
Kami mulai turun ke air menggunakan ban yang sudah di bawa masing –masing. Saling beriringan kami melewati kegelapan menembus goa - goa dengan penerangan yang hanya menggunakan headlamp. Airnya yang jernih berwarna biru membuat saya tidak sabar untuk memulainya. Sesekali kelelawar berterbangan menemani perjalanan kami. Ornamen indah yang menghiasi goa dan suguhan beberapa aliran air dengan arus yang cukup deras semakin membuat petualangan semakin seru. Terkadang kami berhenti di tempat yang tenang untuk berenang, berciprat – cipratan serta berfoto – foto.
Salah satu jeram yang deras
Perjalanan jalur di Kalisuci ini sepanjang 500 meter dengan kedalaman air satu hingga tiga meter. Butuh waktu 2 – 3 jam  untuk sampai finish tergantung jumlah peserta yang datang dan berapa lama peserta berhenti. Cocok untuk semua umur karena cukup aman untuk dilakukan. Instruktur ahli siap menjamin keselamatan selama perjalanan berlangsung.

Sesampainya di akhir perjalanan kita di anjurkan untuk menyiapkan tenaga lagi sebab perjalanan menuju pulang harus melalui tangga yang menanjak sekitar ketinggian 250 meter dan memakan waktu kira – kira 10 menit. Dengan kaki yang capek serta baju yang basah kami menaiki pick up lagi untuk menuju kembali pulang ke basecamp

1 komentar: